You Better to Listen : Efek Rumah Kaca (Kamar Gelap)  

Diposting oleh RQ ABADI


Ini bukan gambar Kambing Jantannya Raditya Dika, dan bukan juga theme song filmnya yang bakal keluar. ini adalah album kedua dari Band Indie bernama Efek Rumah Kaca. Setelah sukses dengan album pertama dengan Lagu Cinta Melulu, kali ini ERK kembali hadir dengan Album yang diberi nama Kamar Gelap. Melihat cover albumnya kita bisa melihat ada pesan yang tersimpan dibalik gambar itu. demikian halnya dengan 12 track lagu yang ada didalamnya, semua punya pesan yang kuat yang terdapat pada lirik2nya. bisa itu pesan moral seperti pada "Kenakalan remaja di Era Informatika" yang memberi pesan jangan bugil didepan kamera, dengan warna musik yang lebih catchy dan komersil.. juga ada pesan Nasionalisme pada "Menjadi Indonesia" dan "Mosi tidak Percaya" yang menjadi alasan kenapa album ini harus segera keluar pada 2009, berhubung Pemilu yang sudah dekat. dari segi musikalitas, Cholil dkk kali ini lebih banyak bermain dengan efek2 gitar yang cukup ciamik dan bernas. ini dapat dilihat pada Track pembuka yang berjudul "Tubuhmu Membiru...tragis". Selain itu "kamar gelap" yang menjadikan album ini tak kalah asik untuk didengar, dengan pesan moralnya Merubah yang Negatif menjadi Positif, seperti halnya yang dilakukan didalam kamar gelap dalam pemprosesan sebuah foto. Oleh karenanya menjadi wajar, didalam album ini diselipkan bonus 10 Foto-foto unik yang mewakili dari setiap pesan track pada album ini. Foto2 tersebut merupakan karya Angki Purbandono, yang menurut saya sangat artistic dan unik semua foto2 yang dihasilkannya.

Tapi, yang menjadi aneh kenapa setiap saya mendengar album-albumnya ERK mulai dari album pertama sampai yang kedua ini, saya pasti tertidur jika sedang mendengar lagu2 mereka..mungkin karena menurut saya suara Cholil yang sangat nyaman dan musik mereka yang tidak terlalu berisik, sehingga cocok untuk menjadi tembang pengiring tidur. Tapi dibalik itu semua, saya menyukai semua karya ERK yang kritis terhadap persoalan moral bangsa ini, seperti pesan yang pernah mereka sampaikan Rupiah dan Moral sama Anjloknya di negeri ini. Mudah2an mereka tetap konsisten dengan konsep mereka, jangan sampai diperbudak oleh Industri yang lebih mengutamakan komersilitas daripada pesan moral untuk merubah bangsa menjadi lebih cerdas. dan mudah2an ERK jangan terbawa arus melayu dalam musik2 mereka.
You better to listen this music, anda pasti tidak akan kecewa dengan album ini, asalkan anda jangan sampai tertidur juga..

This entry was posted on 07.21 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar