Hidup Adalah Kemiringan..  

Diposting oleh RQ ABADI


Miring...mungkin itu kata pertama yang keluar ketika saya memasuki sebuah bangunan unik di salah satu sudut kota Meulaboh..(koq tulisannya ikut2an miring juga seh??)

that's enough! gak miring lagi kan,. yup, hampir seluruh bangunan, Kusen, Pintu, Jendela, Toilet semuanya MIRING! we're talking about siapa arsitek "miring" yang bikin ne konsep bangunan unik. jika kita perhatikan sekilas, ada kesan asal-asalan dalam pembuatan bangunan ne, tapi jika kita melihat lebih dalam lagi, ternyata bangunan ini luar biasa uniknya..saya sampai terkagum-kagum dengan konsep yang ditawarkan untuk sebuah bangunan yang notabene nya TK. Yup, ini adalah sebuah bangunan Taman Kanak-kanak Pembina (TK Pembina) yang beralamat di Jalan Syiah Kuala Kelurahan Kuta Padang Meulaboh.
Mungkin TK ini sudah pernah di Expose sebelumnya oleh orang lain, tapi bagi saya ini adalah pengalaman menarik yang akan saya ceritakan kepada orang lain. ataupun mungkin belum banyak yang mengetahui keberadaan TK'Miring" ini. karena ketika survey kecil-kecilan yang saya tanyakan kepada beberapa warga kota meulaboh, banyak yang tidak tau ada bangunan TK unik di Meulaboh. memang untuk nama bagi banyak orang tidak asing lagi, TK Pembina sdh lama exis di meulaboh (bahkan mungkin anda yang membaca tulisan ne salah satu alumnus TK Pembina,.emm, you never know). Tapi, ba'da Tsunami terjadi di aceh, TK ini dibangun ulang oleh salah satu negara Donor Singapura, yang bentuknya sangat berbeda dengan bentuk awal TK tersebut. kemudian letaknya pun memang bukan dipinggir jalan utama, tapi sedikit terpelosok disalah satu Lorong di Jalan Syiah Kuala.

Well, TK ini dibangun sekitar tahun 2007, menurut saya TK ini memang sejak awal sudah di konsep berbentuk miring seperti ini. karena sempat terfikir oleh saya mungkin saja bangunan ini sudah terlanjur salah ukur kemiringan oleh tukang bangunannya sehingga menjadi miring salah satu Kusennya, kemudian dibikin miring semua aja biar seragam, hehehe..masuk akal kan?? tapi yang membuat saya terkagum-kagum adalah koq bisa sih tu arsitek muncul ide seperti ini, disaat pada umumnya TK berbasis gambar-gambar lucu Bugs Bunny, mickey mouse, Spongebob or Papa T.Bob (apa hubungannya ya??), tapi TK ini berani menawarkan konsep berbeda dengan TK2 lainnya. bahwasanya anak2 TK gak mesti melulu harus melihat Spongebob di tembok dinding sekolahnya, tapi tetap bisa terhibur dan bermain ditemani oleh Kusen pintu dan jendela yang miring2, luar biasa bukan? Luar biasa membingungkan!

buat saya, merubah image sebuah TK yang pada umumnya memakai konsep gambar2 kartun menjadi konsep TK miring seperti ini bukan perkara yang mudah.. tapi kelucuan dan keceriaan TK ini toh masih nampak jelas, terasa nyaman berada dalam TK yang mungkin untuk bangunannya berstandar International..bagi orang tua murid, tak perlu khawatir anak2 mereka pulang sekolah bakal miring kepalanya akibat terlalu sering melihat bangunan kosen pintu n jendela kelasnya. seperti gambar berikut ini adalah efek pertama kali anda rasakan apabila anda tidak terbiasa dengan bangunan miring, hehehe..


dan anda tak perlu khawatir, jika anda menggunakan toilet, maka saluran kencing anda akan menjadi miring juga, hehehe.. tapi percayalah HIDUP ADALAH KEMIRINGAN! seperti salah satu slogan kampanye di TV itu..
dari segi mainan dan sarana bermain anak2 juga tak kalah bagusnya. semuanya tersedia cukup bagi anak2 dan sangat menyenangkan.. area permainan tak perlu khawatir jika hujan turun, karena bangunannya dirancang Indoor memakai atap dan sangat aman dari gangguan sekitarnya.

yang menjadi pertanyaan sekarang, bagaimana cara perawatan bangunan ini agar bertahan lama, tetap bersih dan nyaman??? itu belum saya dapat jawabannya.. tapi sekilas saya melihat sekeliling bangunan, sampai saat ini masih terawat baik, walau sudah setahun berjalan. tapi untuk kedepannya, mungkin perlu perawatan yang continue agar bangunan unik ini bisa menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang kurang kerjaan datang ke meulaboh.bahkan bisa menambah income bagi guru2 TK itu sendiri dalam hal menerima murid2 TK yang banyak..ataupun guru TK bisa menjadi Tour Guide dalam TK itu sebagai sidejobnya, hehehe..ingin tau lebih banyak, berikut saya munculkan gambar2 yang berhasil saya dapatkan sebelum akhirnya diusir oleh penjaga sekolah yang mengira saya akan meniru bentuk bangunan tersebut dirumah saya tanpa membayar royalti untuk penjaga sekolah tersebut, apa hubungannya ya???heheheh...check this out bibeh!

That's all from me, semoga jadi daya tarik tersendiri bagi anda yang membaca tulisan saya ini yang udah mulai miring lagi..hmm..ada komentar, saya tunggu..
Salam Miring!

This entry was posted on 20.45 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

7 komentar

Akhiiirnya.
Nice write dude....

Eh lupa satu lagi, dilabelin donk postingannya

Thanx to you yan!
klo gak qe paksa, mungkin tulisan ne gak jadi2 juga..

Anonim  

ha?tu TK belon dipake buat sekolah ya? foto2nya bagus bru...

Thanks Hananan..TK itu udah digunakan untuk kegiatan belajar mengajar koq, semenjak peresmiannya sekitar 2 tahun yang lalu..

waaaaaaaaaa???

mank betulan ada yah Ki??

kok daku ga tau yah..
padahal di mbo jg,

kayaknya daku harus mengadakan penyelidikan ne spulank kerja ke TKP..

kwa..kwa..kwa..

it's a pleasure to read your write-up on the meulaboh kindergarten. hope that it is still well maintained now.

you may read my write-up on the kindergarten at:

https://tancheesing.wordpress.com/2018/05/26/play-as-form-of-learning-for-the-kids/